Ini Arti Warna pada Celemek Barista Starbucks

Ini Arti Warna pada Celemek Barista Starbucks


Saat memesan segelas minuman di gerai Starbucks, kamu akan dilayani oleh beberapa orang barista. Biasanya, kamu akan disambut oleh barista yang bertugas mencatat pesanan dan mengurus pembayaran. Setelah menerima struk pembayaran, kamu hanya perlu duduk manis sambil menunggu kopi selesai diracik oleh barista lainnya. 

Setiap kali berkunjung ke Starbucks, pernahkah kamu memerhatikan warna celemek yang dikenakan oleh barista yang ada?

Sebagian besar dari kamu pasti menjawab hijau. Ya, warna hijau memang telah menjadi ikon Starbucks sejak pertama kali dibuka. Dengan gerai yang tersebar di 75 negara dunia, ada lebih dari 300 ribu barista yang mengenakan celemek hijau ini setiap harinya.

Namun sadarkah kamu, bahwa ada juga barista Starbucks yang mengenakan celemek hitam?

kamu pasti cukup sering bertemu dengan barista 'jenis' ini. Lantas, apa bedanya celemek hijau dan hitam yang dikenakan barista? Apakah celemek ini memiliki makna tertentu? 
Nyatanya, memang terdapat perbedaan antara keduanya. 

Celemek hitam hanya dikenakan oleh barista yang telah lulus ujian Coffee Master yang diadakan Starbucks. Tes Coffee Master sendiri akan menguji pengetahuan karyawan soal kopi. 

Mulai dari jenis kopi, jenis peralatan, teknik seduh, tes tertulis, hingga kemampuan berinteraksi yang baik. Jumlah pengalaman di lapangan juga diperhitungkan.

Dan uniknya, banyak orang yang selama ini salah kaprah soal penyebutan gelar 'barista' di gerai kopi ini. Karyawan yang becelemek hijau sejatinya dipanggil dengan sebutan 'partner', bukan barista. 

Gelar barista hanya disematkan pada karyawan pemegang celemek hitam. Namun, banyak orang yang tak tahu dan menyamaratakan sebutan untuk keduanya.

Selain celemek hitam, ternyata masih ada celemek yang memegang posisi tertinggi di kalangan barista Starbucks, lho. Adalah celemek cokelat, yang hanya dimiliki oleh lima orang barista terbaik seluruh Indonesia.

Barista pemegang celemek cokelat secara otomatis memegang gelar sebagai Starbucks Coffee Ambassador. 



EmoticonEmoticon