Logo YouTube Alami Perubahan Besar


Logo YouTube Alami Perubahan Besar


Selama 12 tahun lamanya, logo YouTube selalu terjebak dengan gambar tabung yang mengurung kata "Tube," dan ternyata tim Google maupun YouTube, tidak tahu apa maksud semua itu. "Kami memiliki kata Tube di dalam tabung. Ini aneh. Tidak ada yang tahu ini apa," kata Christopher Bettig, kepala divisi seni di YouTube.

Bettig, seorang Prancis yang bergabung dengan Google enam tahun lalu, adalah seorang yang kini dipercaya memimpin kelahiran logo baru YouTube. Dia sendiri sudah bekerja untuk YouTube selama tiga tahun terakhir.

Bettig berkata kepada The Verge, bahwa dua tahun lalu tim YouTube sempat melakukan perubahan desain logo, namun ada tantangan besar dalam menggabungkan sejumlah produk dengan khalayak dan penggunaan yang sangat berbeda. Mereka mempertimbangkan YouTube bukan lagi satu merek tunggal, karena ada YouTube Kids, Gaming, Red, TV dan Music.

Namun ternyata, pemikiran semacam ini telah menjadikan YouTube kehilangan tanda. "Kami merasa, karena semua pertumbuhan itu, kami kehilangan tanda. Kami ingin membuat sesuatu yang lebih terpadu dan kohesif, sesuatu yang benar-benar dibaca sebagai YouTube," kata Bettig. 



Di tengah stagnasi logo dan ketiadaan tanda yang kuat ini, Bettig dan tim ingin membawa perubahan mayor. "Kami berharap bisa membangun bahasa visual yang memudahkan orang untuk mengenalinya," tuturnya.

Hingga sampailah pada suatu titik, sebuah ide besar tercetus untuk membawa keluar teks dari tabung dan membuat tabung tersebut memiliki posisinya sendiri.

Secara default, logo YouTube sekarang ini memasang teks tebal dengan jenis huruf yang baru. Skema warna pada teks juga baru, semua berwarna hitam. Di bagian kiri, logo tersebut juga telah menempatkan ikon yang siap jadi representasi merek agar mudah dikenali, sekaligus bisa menyingkat logo tanpa harus membubuhi teks. Ikon tabung warna merah itu memiliki logo play (putar) di bagian tengahnya.

Pada layar ponsel yang kecil, YouTube bisa saja hanya memasang ikonnya agar memberi ruang yang lebih besar terhadap gambar atau tombol lain. Logo dan ikon yang serba baru ini diluncurkan untuk perangkat desktop dan seluler mulai hari ini, Kamis (30/8).

Perubahan logo adalah sebuah gerakan bersama untuk pembaruan tampilan dan beberapa navigasi baru.



YouTube juga melakukan desain ulang pada tampilan komputer desktop. Pengalaman desktop juga ditingkatkan memanfaatkan basis sumber daya Material Design yang dikembangkan Google untuk panduan desain visual, gerak, dan interaksi, lintas platform serta perangkat.

Pembaruan desktop mencakup "modus gelap" yang hebat untuk melihat malam hari, sehingga menonton YouTube terasa lebih cinematic. Sayangnya, fitur ini belum digulirkan ke aplikasi mobile YouTube.

Di aplikasi mobile, Google memangkas ruang merah di atas yang selama ini jadi ciri khas YouTube, tetapi tanpa disadari telah memakan tempat. Header warna merah itu kini diganti dengan warna putih yang ukurannya lebih kecil. Secara umum, Google ingin mencitrakan suasana bersih di YouTube.

Sejumlah fitur lain dalam hal navigasi juga akan dibawa YouTube. Misalnya, memajukan atau memundurkan video setiap 10 detik. Ada juga fitur geser ke kiri untuk menonton video sebelumnya, dan geser kanan untuk video berikutnya. Aplikasi juga mencakup kemampuan memperlambat dan mempercepat pemutaran video.

Apa yang dilakukan Bettig dan tim untuk YouTube ini disebutnya "adalah evolusi, bukan sebuah revolusi."



EmoticonEmoticon