Pencuri Gondol iPhone dari Truk Berjalan

Pencuri Gondol iPhone dari Truk Berjalan

Pencuri Gondol iPhone dari Truk Berjalan


Rupa-Rupa - Adegan mencuri barang dari truk yang tengah melaju ala film Fast and Furious ternyata benar-benar bisa terjadi di dunia nyata. Sekelompok pencuri asal Rumania dilaporkan menggunakan teknik itu untuk menyasar para korbannya.

Kelompok pencuri yang terdiri atas lima pria berusia 33 hingga 43 tahun tersebut pekan ini diringkus oleh kepolisian Belanda di kota Den Haag. Mereka dicurigai menggondol iPhone dengan nilai total mencapai 500.000 euro atau lebih dari Rp 7,8 miliar dari truk yang melintas di jalan tol A73, malam hari pada 24 Juli lalu.

Gerombolan maling diduga memakai mobil van untuk mengintil truk korban. Van kemudian dipepet ke bagian belakang truk hingga nyaris bersentuhan. Sejumlah anggota komplotan lantas keluar dari sunroof di van untuk membuka kunci pintu kargo truk dan mulai mengoper barang-barang di dalamnya ke mobil mereka.

Semua dilakukan dalam keadaan kedua kendaraan masih melaju. Sopir truk pun tidak menyadari ada kendaraan yang menempel dari belakang dan isi kargonya dikuras.

Pihak polisi Belanda tadinya sangsi para pencuri benar-benar menggunakan teknik ala Fast and Furious untuk membawa kabur iPhone. Namun tidak ada penjelasan lain lagi soal pencurian dimaksud.

"Truk sedang mengangkut muatan dari poin A ke poin B tanpa berhenti. Tapi bawaannya raib. Jadi pasti kejadiannya seperti (film Fast and Furious) itu," ujar juru bicara kepolisian Belanda, Ed Kraszewski.

Selain menangkap kelima orang pencuri, polisi juga berhasil menyita barang bukti berupa iPhone curian dan movil van yang digunakan dalam aksi mereka.

Kraszewski mengatakan, pencurian ala Fast and Furious bukan terjadi kali itu saja di Belanda. Di seantero Eropa telah banyak dilaporkan kejadian serupa. Sejak 2015 sudah ada setidaknya 17 truk yang menjadi korban.

Di hampir semua kasus selalu kargo smartphone mahal yang jadi sasaran, tapi baru kali ini pelaku berhasil ditahan. Tak jelas apakah mereka terlibat di kejadian pencurian lain atau tidak.

Seperti apa aksi mereka? Polisi Rumania pernah merekam peristiwa pencurian Fast and Furious yang terjadi pada 2012 lalu. Simak selengkapnya dalam tayangan di tautan berikut.





EmoticonEmoticon