Melihat Proses Seleksi Akpol Tingkat Akhir di Semarang

Melihat Proses Seleksi Akpol Tingkat Akhir di Semarang

340 Calon taruna Akpol 2017 dikumpulkan. Berseragam putih dan hitam, mereka duduk mendengarkan pidato Ass SDM Kapolri Irjen Arief Sulistyanto. Di sebuah ruangan di Aula Akpol di Semarang, Jawa Tengah pada Minggu (23/7) ada pengumuman hasil tes psikologi yang akan disampaikan.

Selain para taruna, jajaran SDM Polri, para orangtua juga hadir. Pukul 09.00 WIB, acara dimulai. Wajah cemas tergurat di wajah para calon taruna ini. Beberapa orang terlihat menunduk, ada juga yang serius menatap ke depan. "Kalian jangan stres," canda Arief.

Arief menyampaikan dalam seleksi taruna Akpol, komitmen proses yang bersih harus tetap dipegang.

"Seleksi tahun ini sangat ketat. Saya mendapat target dari Bapak Kapolri untuk rekrutmen yang bersih sehingga terpilih calon yang berkualitas," urai dia.

Di depan ratusan taruna Arief menegaskan, masih ada yang mencoba melanggar komitmen dengan mengintervensi panitia. "Ketika gugur, ada yang mencoba mencari cara agar bisa masuk," imbuhnya. Tetapi itu semua tidak akan bisa mengganggu proses seleksi. 


Arief menekankan komitmen proses seleksi berlangsung clear and clean. "Di sini ada anak jenderal polisi, perwira menengah, juga perwira pertama. Walaupun ada anak polisi, tidak ada yang menitipkan ke saya," beber dia lagi.


Arief kemudian memanggil nama seorang calon taruna yang juga putra seorang jenderal polisi, lalu dipanggil juga seorang lagi calon taruna asal Bogor yang bukan dari keluarga polisi.
Dua calon taruna itu berdiri dan menerangkan nama mereka.

"Di sini enggak ada anak jenderal, semua memiliki hak yang sama," urai Arief yang disambut tepuk tangan para calon taruna.


Arief juga menegaskan, tidak ada jenderal atau polisi yang mengontak dia agar anaknya lolos. Malahan kalau ada yang berani mengontak akan langsung dicoret. "Saya sudah bersumpah sejak awal menjaga komitmen dalam proses seleksi ini," tutup Arief.

Dalam proses seleksi Akpol untuk tes psikologi ini, ada 7 orang yang gugur. Mereka semua pria. Selanjutnya calon taruna akan menjalani tes fisik.




EmoticonEmoticon