Cara Umat Muslim Merayakan Lebaran di Berbagai Negara

Cara Umat Muslim Merayakan Lebaran di Berbagai Negara



Sebagian besar umat Muslim merayakan Lebaran 2017 hari ini, Minggu (25/6/2017). Tradisi merayakan Lebaran bisa berbeda-beda di setiap negara, pun makanan khas yang disajikan

Jika umat Muslim di Indonesia merayakan Lebaran dengan bersalam-salaman saling meminta maaf dan menyantap ketupat serta opor ayam, bagaimana dengan Muslim di negara lainnya? Ini cara umat Muslim di berbagai belahan dunia merayakan Lebaran, seperti dikutip dari Metro.co.uk.

1. Suriah


Konflik berkepanjangan di Suriah tidak mematahkan semangat umat Muslim di sana untuk tetap bersukacita di Hari Lebaran. Seperti di Indonesia, mereka merayakan Lebaran dengan berkumpul bersama teman-teman serta tetangga. Makanan khas yang disajikan biasanya pudding buatan rumah yang disebut Mamounia. Pudding bisa disajikan dingin atau hangat dengan taburan bubuk kayu manis dan kacang almond.

2. Mesir


Di Mesir, tradisinya adalah makan sebutir kurma dan minum segelas susu di pagi hari sebelum berangkat salatal Ied. Di Hari Lebaran, umat Muslim di Mesir juga membuat Kahk, sejenis cookies dengan isian terbuat dari madu.

3. Yaman


Sudah tradisi di Yaman untuk merayakan Lebaran dengan makan siang bersama di rumah keluarga yang dituakan. Kue yang terkenal di sana adalah Bint Alsahan, kue manis yang dibuat dengan melipat adonan tepung tipis lalu diberi madu dan biji nigella, sejenis tanaman jinten.

4. Afghanistan


Di Afghanistan, perayaan Hari Lebaran adalah milik anak-anak kecil. Maka dari itu persiapan Lebaran maupun pesta disiapkan untuk anak-anak di Hari nan Fitri ini. Biasanya orang Afghanistan membuat Bolani, roti isi bayam, labu kuning, kentang atau kacang polong.

5. Rusia


Meskipun bukan mayoritas, 16 juta umat Muslim di Rusia juga merayakan Lebaran dengan menikmati Manti. Sejenis pangsit isi daging domba atau sapi. Saat Lebaran, umat Muslim di Rusia khususnya Moskow akan mendatangi tenda yang dibangun di Masjid Central Moscow, di mana perayaan biasa diadakan.

6. Sudan


Umat Muslim di Sudan merayakan Lebaran dengan saling mengunjungi rumah tetangga dan akan membawa pulang berbagai penganan manis. Makanan khas Lebaran di Sudan adalah Aseeda, terbuat dari gandum dan dimakan bersama saus berbahan tomat.

7. India


Umat Muslim di India yang berjumlah 180 juta orang merayakan Lebaran dengan menikmati semangkuk Sevaiyan ki Kheer, sejenis dessert berisi pasta dengan potongan almond di atasnya.

8. China


Masyarakat Muslim di China merayakan Lebaran dengan makan You Xiang. Penganan terbuat dari tepung yang digoreng, dan dimakan bersama sup atau nasi.


sumber detik.com


EmoticonEmoticon