Lakukan Hal Ini Saat Terjebak di Kemacetan Panjang

Lakukan Hal Ini Saat Terjebak di Kemacetan Panjang


Mudik yang biasanya identik dengan macet. Itu juga sepertinya bukan hal asing lagi saat tradisi mudik. Namun ada beberapa langkah yang harus dilakukan saat menghadapi kemacetan panjang.

"Ada beberapa langkah saat menghadapi kemacetan yang panjang," ujar Instruktur dan Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu.

Berikut penjelasan Jusri disaat kita sebagai pengendara bertemu macet panjang.

1. Jangan Panik


Disarankan para pengendara tidak panik, jangan berkendara kiri-kanan. Karena semua orang tujuannya sama ialah cepat sampai. Selanjutnya disarankan untuk disiplin tidak saling serobot, sehingga kemacetan bisa cepat selesai.


2. Sistem Ventilasi Kendaraan Harus Diperhatikan


Pastikan sebelum berkendara, karet-karet (di jendela-Red) kendaraan bagus, exhaust-nya benar. Kalau tidak saat berhenti karena macet kaca diturunkan. Memang konsekuensinya ada di masalah keamanan saat kaca dibuka, oleh karena itu saat orang buka kaca harus hati-hati menghadapi kriminal.

3. Matikan AC


Macet berjam-jam, disarankan untuk mematikan Air Conditioner (AC) dan mesin. Karena mesin bisa overheat, terutama untuk mobil 2 tahun ke atas. Kecuali kalau macetnya itu stop and go, ya tidak perlu matikan mesin.

4. Merenggangkan Badan


Saat macet panjang menghampiri dikala kita mudik, disarankan untuk pengendara keluar dari mobil melakukan perenggangkan badan, biar kembali segar.

5. Persiapkan keperluan keluarga dalam kabin


Disarankan setiap pengendara sebelum mudik untuk persiapkan logistik yang layak. Seperti menggunakan kaos yang sejuk, celana pendek, atau bahan yang tidak berlebihan. Selanjutnya siapkan makanan kecil buat anak-anak dan penumpang lainnya, serta mainan anak-anak agar tidak rewel saat macet.


EmoticonEmoticon