5 Hal Kebiasaan Yang Merusak Laptop


Saking seringnya digunakan, bukan tidak mungkin laptop itu kamu bawa ke mana-mana dan tidak bisa terpisahkan. Nah, supaya Laptop kesayangan kamu bisa awet, butuh perlakuan khusus dan jangan sampai salah selama menggunakannya.

Caramu menggunakan laptop biasanya berdasarkan kenyamanan, tapi apakah caramu menggunakan laptop tersebut sudah benar? Karena jika tidak, yang ada justru laptop milikmu jadi cepat rusak. Seperti kegiatan-kegiatan yang bisa merusak laptop berikut ini:

1. Baterai Laptop Selalu Dicas

Wajar jika laptop kamu terus-terusan dicas karena takut kehabisan baterai saat ngetik tugas kantor atau kampus. Tapi agar laptopmu awet, sebaiknya biarkan baterai laptop kosong 0% setiap 3 bulan sekali untuk menjaga akurasi status battery bar.

2. Memangku Laptop Saat Digunakan

Nonton film di laptop sambil senderan di kasur memang seru dan nyaman banget kalo mangku laptop atau menyimpannya di atas bantal. Tapi ini akan membuat sirkulasi panas terganggu, sehingga memicu overheat. Maka dari itu sebaiknya simpan laptop saat digunakan di tempat datar (meja) atau di atas alat khusus yang dilengkapi kipas pendingin.

3. Menggunakan Laptop Saat Hujan Badai

Saat hujan badai disertai petir, sebaiknya kamu tidak menggunakan gadget dalam keadaan terhubung dengan sumber listrik. Ini sangat disarankan agar aliran listrik yang terpengaruh petir tidak naik turun selama proses pengisisan ulang.

4. Jarang Membersihkan Laptop

Dua kali dalam setahun, sangat disarankan untuk membersihkan bagian dalam laptop. Ini tujuannya agar kinerja laptopmu tetap terjaga. Saat mulai sering mendengar suara bising dari dalam laptopmu, segera bongkar dan bersihkan dari debu agar kinerja laptopmu tetap kencang dan nyaman.

5. Membuka Laptop di Bawah Sinar Matahari Langsung

Hindari penggunaan laptop di bawah sinar terik matahari langsung. Kontak terlalu lama dengan cahaya matahari bisa membuat ketajaman layar laptopmu menurun.

Dari 5 kebiasaan di atas, yang mana sering kamu lakukan? Jika ternyata semuanya sering kamu lakukan, sebaiknya segera hentikan agar gadget kesayanganmu tetap awet.



EmoticonEmoticon