7 Rutinitas saat Pagi Ini Cepat Turunkan Berat Badan


1. Berjemur di bawah sinar matahari :
Jangan meremehkan pentingnya berjemur di bawah sinar matahari pagi. Pasalnya, sebuah penelitian yang dilakukan para ahli di Feinberg medical School, Amerika Serikat membuktikan bahwa orang yang setiap pagi kena sinar matahari mengalami penurunan indeks massa tubuh (BMI) lebih cepat dibandingkan mereka yang tidak kena sinar matahari. 

Para ahli menduga bahwa sinar matahari pagi bisa membantu tubuh mengikuti jam biologis (ritme sirkadian). Dengan begitu, metabolisme Anda pun jadi lebih lancar dan lemak dalam tubuh dibakar secara lebih efektif.

2. Minum dua gelas air putih :
Setelah bangun pagi, sebelum sarapan, jangan lupa tenggak dulu dua gelas air putih. Selain untuk menggantikan cairan yang hilang saat tidur, air putih juga akan mengganjal perut supaya tidak makan terlalu banyak ketika Anda sarapan.

3. Sarapan dengan menu yang tinggi protein :
Makanan yang kaya akan protein akan membuat Anda kenyang sampai waktunya makan siang tiba. Selain itu, protein juga lebih ampuh daripada karbohidrat dan lemak dalam mempercepat sistem metabolisme tubuh. Cobalah untuk sarapan dengan telur, yogurt, dan bubur gandum dengan kacang-kacangan.

4. Olahraga :
Bukan rahasia lagi, olahraga adalah cara yang ampuh untuk cepat turun berat badan. Menurut para peneliti dalam jurnal ilmiah Medicine & Science in Sports & Exercise, berolahraga dan beraktivitas di pagi hari akan membuat Anda lebih semangat diet dan mengendalikan nafsu makan selama seharian.

5. Menyiapkan bekal makan siang :
Kebiasaan jajan di sekitar kampus atau kantor bisa bikin Anda susah diet. Selain itu, biasanya jajanan di sekitar kantor juga kurang sehat. Maka, sebaiknya siapkan sendiri bekal makan siang yang sehat dan terjangkau.

6. Menimbang berat badan :
Menurut sebuah penelitian dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics, orang yang menimbang berat badannya setiap hari lebih cepat turun berat badan. Waktu terbaik untuk menimbang berat badan adalah di pagi hari, sebelum sarapan dan sesudah buang air kecil atau besar.

7. Jalan kaki atau naik tangga :
Jika Anda biasa naik kendaraan umum ke kantor atau kampus, cobalah untuk berhenti agak jauh dari gedung. Kemudian berjalan kakilah ke kantor atau kampus Anda. Jalan kaki terbukti ampuh membantu menurunkan berat badan.


EmoticonEmoticon