Tips-tips Agar Mata Tetap Sehat

Gangguan akibat sering menatap layar komputer diantaranya yaitu Computer Vision Syndrome (CVS), mata lelah (astenopia) dan juga mata kering (dry eye) serta gangguan gangguan refraksi. Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan supaya mata tetap sehat

1. Katika melakukan pekerjaan yang mengharuskan untuk menatap layar monitor dalam waktu lama maka sebaiknya setiap 30 menit sekali selingi dengan aktivitas melihat jarak jauh. Jangan terlalu terfokus pada layar monitor, sesekali lihatlah pojok ruangan atau sempatkan untuk melihat ke luar jendela. Hal ini untuk mengalihkan pdandangan Anda supaya tidak terlalu terfokus pada monitor.

2. Sebaiknya tidak melakukan pekerjaan dekat secara terus menerus. Hal ini karena saat Anda melakukan pekerjaan dekat maka mata akan berakomodasi dan jika hal ini berlangsung terus menerus maka akan menyebabkan mata menjadi sangat mudah lelah.

3. Menatap layar komputer secara tidak sadar akan membuat reflex berkedip kita menjadi berkurang. Kondisi tersebut bisa menyebabkan mata menjadi kering. Maka dari itu sebaiknya lakukan berkedip secara teratur selama Anda menatap layar komputer untuk menghindari mata kering dan iritasi.

4. Ketika ada istirahat maka usahakan untuk melihat obyek yang jauh. Salah satunya yaitu dengan melakukan senam ringan untuk peregangan otot bahu dan juga leher guna mencegah terjadinya Computer Vision Syndrome.

#5. Perhatikan juga jarak ketika Anda menggunakan gadget. Jarak ideal yaitu 30 hingga 40 cm dan pastikan posisi gadget lebih rendah daripada posisi mata.

6. Idealnya penggunaan laptop/komputer dan juga gadget sebaiknya dibatasi selama 2 jam saja setiap harinya.

7. Pencahayaan untuk komputer sebaiknya tidak terlalu terang sebab bisa menyebabkan mata mudah merasa lelah.

8. Selain itu, pencahayaan ruangan juga sebaiknya diperhatikan agar tidak terlalu kontras dengan pencahayaan komputer. Hindari ruangan yang redup karena bisa menyebabkan kontras yang terjadi secara berlebihan. Nah, kondisi ini akan membuat mata menjadi tidak nyaman.

9. Usahakan untuk menonton dengan jarak yang ideal yaitu sekitar 4 hingga 5 kali diagonal tv.

10. Selain menonton tv, menatap layar komputer, gadget, perhatikan juga jarak ideal ketika Anda membaca bukau. Hindari kebiasaan membaca buku sambal tiduran atau di tempat yang redup.

11. Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran. Mengkonsumsi makanan sehat dan kaya akan nutrisi tentunya akan membuat mata senantiasa sehat.

12. Senam mata dan pijatan pada area sekitar mata akan membantu menjaga kesehatan mata serta mengurangi mata yang lelah. Dengan pemijatan mata yang baik maka akan membantu memperlancar sirkulasi darah di area tersebut.


EmoticonEmoticon