Beberapa Cara Alami Menurunkan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi (hipertensi) adalah salah satu pembunuh paling besar
Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan masalah kesehatan yang sangat sering dijumpai. Umumnya hipertensi disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat.

Orang yang sudah terkena hipertensi harus mengontrol tekanan darahnya. Sebab, hipertensi yang tidak terkontrol bisa memudahkan timbulnya komplikasi penyakit seperti stroke hingga jantung

berikut ini beberapa cara alami yang dapat diterapkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi.


Kurangi kopi dan alkohol
Konsumsi minuman keras yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah dan memicu masalah kesehatan lainnya.

Selain itu, pada beberapa orang yang sangat sensitif, kafein dalam kopi juga bisa meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung. Minum kopi dan alkohol sebaiknya dikurangi ketika Anda memiliki tekanan darah tinggi.

Sementara itu, minum teh dinilai tak menimbulkan masalah bagi tekanan darah karena beberapa penelitian menunjukkan, menyeruput secangkir teh membantu pembuluh darah lebih rileks.

Mengkonsumsi kentang
Anda dapat mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya potasium untuk menurunkan tekanan darah. Menurut Linda Van Horn, Ph.D., R.D., seorang profesor kedokteran di Northwestern University Feinberg School of Medicine, hal ini bertujuan untuk mencukupi kebutuhan 4.700 mg potasium per hari.

Sumber potasium yang mudah di dapat untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah ubi jalar, tomat, jus jeruk, kentang, pisang, kacang merah, kacang polong, dan buah-buahan kering.


Olahraga
Pasien hipertensi yang melakukan gerakan jalan dengan langkah cepat mampu menurunkan tekanan darah mereka sekitar 8 mmHg atau lebih dari 6 mmHg. Latihan ini akan membantu Anda sehingga kerja jantung lebih efisien dalam memompa oksigen.

Latihan kardio ini dapat Anda lakukan setidaknya 30 menit setiap hari dalam seminggu dan cobalah untuk meningkatkan kecepatan atau jarak

Mengkonsumsi cokelat hitam
Dark chocolate atau cokelat hitam mengandung flavanoid yang membuat pembuluh darah lebih elastis dan kemungkinan mampu menurunkan tekanan darah. Dalam satu studi, 18 persen pasien yang makan cokelat hitam setiap harinya, tekanan darahnya mengalami penurunan.

Menghirup uap teh
Anda dapat mencoba menghirup tiga cangkir teh kembang sepatu setiap hari. Hal ini akan menurunkan tekanan darah sistolik sebesar 7 poin dalam 6 minggu.

Menurut peneliti dari Universitas Tufts, fitokimia dalam kembang sepatu, mungkin bertanggung jawab dalam mengurangi tekanan darah tinggi.

Kurangi lama duduk Anda
Pekerjaan Anda yang memaksa untuk duduk berlama-lama akan meningkatkan resiko hipertensi sebesar 15 persen. Waktu Anda untuk berolahraga akan lebih sulit lagi bila ada pekerjaan lembur.

Anda mungkin akan kesulitan untuk pulang awal sesuai jadwal kerja Anda agar bisa pergi ke gym atau memasak makanan yang sehat untuk menurunkan tekanan darah. Anda dapat memanfaatkan waktu saat akhir pekan dengan melupakan pekerjaan kantor Anda dan cobalah untuk memasang pengingat pada gadget.



EmoticonEmoticon