Asyiknya Uji Nyali di The Lodge Lembang


pemandangan yang terlihat di The Lodge, satu lokasi wisata alam yang belakangan banyak dikunjungi pelancong. Objek wisata "kekinian" itu terletak di Kampung Babakan Gentong, Desa Cibodas, Maribaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Disebut kekinian karena daya tarik utama yang ditawarkan objek wisata ini adalah pemandangan alam pegunungan yang cantik untuk lokasi pemotretan. Mau dijepret orang lain atau mau swafoto alias selfie, sama serunya. Dua spot utama pemotretan di The Lodge adalah nongkrong di atas pohon. pengelola di sana menyebutnya sky tree dan duduk berayun di ketinggian atau mountain swing.

Yang menjadi menarik dari dua spot ini adalah background lokasi pemotretannya. Namun, karena setiap spot hanya bisa diisi seorang setiap kali jepret, pengunjung pun harus rela mengantre.

Ketika mencoba sky tree atau mountain swing, kamera akan mengarah ke wisatawan dengan latar belakang hamparan bukit dengan jajaran ribuan pohon pinus. Jika turun kabut di atas bukit itu, hasil pemotretan bakal makin dramatis.

"Penasaran aja pengen ke sini. Lihat di Instagram teman aku kayaknya tempatnya bagus banget. Jadi pengen selfie," kata Dira (22), seorang pengunjung asal Jakarta di The Lodge, kemarin. Di balik hamparan bukit itu membentang kawasan Bojongkoneng, Kota Bandung, hingga Cimenyan, Kabupaten Bandung.

Adapun lembah di antara bukit itu dan tebing The Lodge mengalir Sungai Cikapundung. Airnya jernih karena lokasi ini tak jauh dari hulu sungai tersebut.

The Lodge berada di sebuah tebing. Selain dua spot foto utama, ada satu lagi spot foto sekaligus untuk uji nyali bagi pengunjung, yakni mengendarai sepeda di atas seutas tambang besi atau disebut zip bike.

Jika ingin berfoto di sky tree atau mountain swing dikenai tiket Rp 15 ribu, sedangkan jika ingin mencoba zip bike dikenai tiket Rp 20 ribu.
Bagi mereka yang ingin memperoleh foto hasil jepretan fotografer yang disediakan pihak pengelola, tarifnya Rp 10 ribu.

Tiket masuk ke The Lodge saat week end Rp 25 ribu. Tapi pada hari-hari biasa hanya Rp 15 ribu. Selain spot foto, di sini juga tersedia rumah makan, kafe, dan warung-warung yang menjual aneka macam makanan dan minuman. Mulai dari jajanan pasar seperti cilok, surabi, bakso tahu, lotek, hingga masakan Sunda lengkap dengan lauk pauknya tersedia di sini.

Tebing seluas dua hektare itu memang didesain sedemikian rupa sehingga bangunan dan lingkungan sekitarnya menyatu dengan alam. Bangunannya pun kebanyakan terbuat dari kayu dan bambu. Bagi mereka yang ingin kemping pun disediakan tenda-tenda yang berjejer di bukit yang berundak-undak.

Satu tenda dikenai tarif antara Rp 325 ribu hingga Rp 525 ribu. Harga sebesar itu sudah termasuk sarapan pagi, makan malam, dan menikmati semua fasilitasi di sana. The Lodge baru dibuka pada awal tahun ini. Objek wisata alam ini makin banyak dikunjungi pelancong setelah diunggah oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil ke akun Instagram pribadinya.

Meski suasana di areal objek wisata alam itu cukup nyaman bagi pengunjung, jalur jalan menuju objek wisata itu atau Jalan Maribaya-Cibodas justru rusak parah.


EmoticonEmoticon