Panduan Feng Shui Dapur Agar Makin Makmur


Dalam ilmu feng shui, dapur yang bersih, terang, dan rapi adalah simbol dari kesehatan dan kemakmuran. Dapur juga dianggap sebagai jantung dari sebuah rumah karena ruangan ini adalah tempat untuk menyiapkan makanan yang mendukung kelangsungan hidup penghuninya.

Dan jangan khawatir jika dapur di rumah Anda berukuran kecil karena feng shui bisa diterapkan di mana saja. Simak langkah-langkah menerapkan feng shui ala sumber Rumah.com berikut ini:

1. Pilih Warna yang Tepat

Untuk dapur gunakan warna yang cerah seperti kuning, terracotta, dan coklat. Warna-warna elemen bumi ini akan membuat energi di dalam dapur menjadi stabil. Meskipun begitu, percikan elemen api seperti warna merah juga dibutuhkan di dalam dapur terutama di dekat kompor, microwave, oven, dan peralatan dapur lainnya yang mengeluarkan panas.

2. Rawat Kompor dengan Baik

Sebuah kompor diasosiasikan dengan kemakmuran sehingga sangatlah penting untuk selalu menjaga kebersihan di tempat Anda memasak serta bagian permukaan di sekitarnya. Perbaiki segera jika ada tungku yang rusak.

Sebaiknya gunakan kedua tungku secara bergantian sebagai simbol bahwa Anda terbuka dengan segala kesempatan dalam hidup terutama dalam hal keuangan. Gantungkan juga sebuah cermin di belakang kompor atau letakkan sebuah ketel yang mengkilat untuk melambangkan kemakmuran yang berlipat ganda.

3. Kontrol Pengeluaran Air

Air merepresentasikan aliran keuangan. Jadi pipa yang bocor bisa jadi pertanda bahwa keuangan Anda juga akan banyak terbuang. Segera lakukan perbaikan jika ada pipa yang bocor. Selain itu, jika lokasi tempat Anda mencuci piring bersebrangan dengan kompor juga diasosiasikan sebagai keuangan yang kering.

Solusinya, letakkan cermin kecil di dekat kompor untuk memantulkan air. Cara lain untuk menyeimbangkannya, letakkan sebuah karpet hijau di lantai di antara keduanya.

4. Sediakan Bunga Segar dan Buah

Di dapur, letakkan seikat bunga segar, tanaman herbal, atau semangkuk buah untuk merepresentasikan vitalitas dan kesehatan dalam kehidupan Anda.

Ilmu Feng Shui klasik menyarankan untuk menyediakan 9 buah jeruk dalam satu mangkuk. Tanaman bambu kecil juga bisa digunakan untuk membersihkan udara dapur. Letakkan di pojokan yang gelap di dapur seperti di atas kulkas atau di antara kompor dan tempat mencuci piring.

5. Pastikan Dapur Anda Terang

Jika kondisi dapur tidak memungkinkan cahaya alami masuk, buat dapur menjadi terang dengan menggunakan lampu tambahan di beberapa tempat. Anda juga bisa menggantungkan cermin di seberang jendela agar cahaya yang masuk menjadi lebih banyak.

6. Pisahkan Bahan Makanan dengan Alat Pembersih

Hindari menyimpan sapu, alat pel, dan pembersih lainnya di tempat yang terbuka dan dekat dengan bahan makanan. Alat pembersih melambangkan Anda akan ‘menyapu’ hal-hal yang berhubungan denga kesehatan.

Tidak apa jika Anda ingin meletakkan tempat sampah dibawah tempat cuci piring tapi pastikan Anda menggunakan tempat sampah yang kecil dan kosongkan secara rutin.


EmoticonEmoticon